Looking For Anything Specific?

Strategi Pembelajaran PAK

(Refisi 2021). Dalam rangka meghormati karya yang merupakan hak kekayaan intelektual orang lain maka beberapa bagian dalam postingan lama yang tidak memiliki sumber, paling tidak nama penulis buku dll maka saya menghilangkan bagian yang mengandung unsur Plagiarism. Dengan demikian, artikel berikut ini sudah direfisi seperlunya. Demikian pernyataan saya: Yonas Muanley Beberapa litertur menyebutkan kata strataegi mulanya dipakai dalam dunia militer. Kata ini kemudian dipakai dalam dunia pendidikan untuk menamakan sebuah pokok studi yang penting yaitu Strategi Pembelajaran. 

Selanjutnya dalam Pendidikan Agama Kristen, ada keterbukaan untuk disiplin ilmu lain seperti menggunakan Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan Agama Kristen maka jadilah mata kuliah yang dikenal dengan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Selanjutnya untuk menemukan pengertian Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, maka penggunaan kata strategi dalam dunia militer sekiranya menolong kita untuk mengartikan strategi PAK. Dalam dunia militer, kata Strategi berasal dari bahasa Yunani dari kata strategos. Kata strategos memiliki arti seorang atasan militer seperti para jenderal merancang sebuah strtaegi perang. Para jenderal ini tugasnya merancang  cara menggunakan kekuatan militer untuk mencapai tujuan. Tujuan yang dimaksud yaitu menang atas peperangan. 
Kata ini kemudian dipakai dalam dunia pendidikan dengan beberapa pengertian:
Menurut T. Raka Joni, strategi pengajaran adalah pola dan urutan umum perbuatan guru-murid dalam mewujudkan kegiatan belajar-mengajar. Perbuatan atau kegiatan guru-murid di dalam proses belajar-mengajar itu terdiri atas bermacam-macam bentuk. Keseluruhan bentuk itulah yang dimaksud dengan pola dan urutan umum perbuatan guru-murid (Bermacam-macam bentuk belajar-mengajar = Pola umum perbuatan/kegiatan guru-murid dalam proses belajar-mengajar). Seorang guru yang merencanakan pengajarannya, lebih dahulu harus memikirkan strateginya. Setelah menentukan suatu alternatif barulah ia menyusun rencana pengajaran atau desain instruksional. 

Meneurut Gerlach and Ely, Strategi pembelajaran adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang meliputi: sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar kepada nara didik (Gerlach and Ely) Ahli lain seperti Dick dan Carey mendefinisikan strategi pembelajaran sebagai perencanaan penggunaan prosedur kegitan pembelajaran dan materi atau paket pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi dalam definisi ini, strategi pembelajaran meliputi/mencakup semua komponen materi dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran (Dick dan Carey) Penggunaan strategi pembelajaran dalam pendidikan agama Kristen disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Berdasarkan tujuan tersebut maka dicari strategi dan metode yang relevan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ada pula denfini lain yang patut diperhatikan yaitu definisi oleh Nana Sudjana. Menurut Sudjana, strategi mengajar adalah tindakan guru dalam melaksanakan rencana mengajar, artinya usaha guru dalam menggunakan beberapa variable pengajaran (tujuan, bahan, metode, dan alat serta evaluasi) agar dapat mempengaruhi siswa ,encapai tujuan yang telah ditetapkan (Nana Sudjana) Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih dan digunakan guru untuk menyampaikan bahan pelajaran sehingga memudahkan anak didik menerima, memahami, mengolah, menyimpan, dan memproduksi bahan pelajaran. 

Strategi belajar-mengajar adalah rencana dan cara-caramembawakan pengajaran agar segala prinsip dasar dapat terlaksana dan segala tujuan pengajaran dapat dicapai secara efektif. Cara-cara mebawakan pengajaran itu merupakan pola dan urutan umum perbuatan guru-murid dalam perwujudan kegiatan kegiatan belajar-mengajar. Pola dan urutan umum perbuatan guru murid itu merupakan suatu kerangka umum kegiatan belajar-mengajar yang tersususun dalam suatu rangkaian bertahap menuju tujuan yang telah ditetapkan. Strategi belajar-mengajar merupakan rancangan dasar bagi seorang guru tentang cara ia membawakan pengajarannya di kelas secara bertanggung jawab. 

 Jadi, STRATEGI PEMBELAJARAN: adalah POLA UMUM PERBUATAN GURU- MURID DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Belajar-Mengajar) Strategi pengajaran merupakan penerjemahan filsafat atau teori mengajar menjadi rumusan tentang cara mengajar yang harus ditempuh dalam situasi-situasi khusus atau dalam keadaan tertentu yang spesifik. Secara teoritik ada juga pandangan mengenai proses belajar mengajar, yang saling bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya.

Post a Comment

0 Comments