Macam-macam Kurikulum PAK
2. Group-graded Lesson (pelajaran yang disesuaikan dengan
kelompok): Bahan pelajaran yang berbeda ditujukan untuk kelompok umur yang
berlainan.
3. Closely Graded Lesson (Pelajaran yang disesuaikan secara
ketat): Bahan pelajaran khusus untuk beberapa waktu saja, misalnya 1 tahun
saja.
4. Pelajaran PAK di luar Gereja: lazimnya berupa buku
pegangan baik untuk guru maupun murid.
5. Buku pelajaran untuk sekolah: ditujukan untuk
pelajar-pelajar tingkat SD, SMP, SMA, yang diterbitkan oleh Kompak PGI
6. Kurikulum Denominasi: kurikulum yang disusun dan
diterbitkan oleh denominasi tertentu untuk kalangan sendiri.
7. Kurikulum Non Denominasi: Kurikulum yang diterbitkan
bukan denominasi tetapi untuk komersial
8. Kurikulum usaha bersama: kurikulum yang dihasilkan secara
bersama oleh beberapa denominasi secara bersama-sama.
9. Kurikulum yang berpusatkan isi (Content-Centered
Curriculum): Kurikulum yang berpusatkan pada pelajaran Alkitab, membahas
bagian-bagian Alkitab satu persatu.
10. Kurikulum yang berpusatkan pengalaman
(Experience-Centered Curriculum): Kurikulum yang isinya menitik beratkan
pengalaman murid, lalu menghubungkannya dengan Alkitab atau iman Kristen
11. Kurikulum berdasarkan studi unit (Unit of Study):
Kurikulum yang tujuannya adalah member pelajaran yang lebih luas, baik
pengalaman atau pokok pelajaran.
Isi Kurikulum PAK
Rumusan tentang isi Kurikulum PAK bergantung dari bagaimana
rumusan tentang tujuan PAK. Dengan kata lain isi kurikulum PAK menyangkut
dengan apakah tujuan PAK.
Beberapa rumusan tentang tujuan PAK
1. Randolph Crump Miller
Tujuan PAK adalah membimbing setiap pribadi kedalam
keputusan untuk hidup orang Kristen
2. Robert R. Boehlke
Tujuan PAK adalah menolong orang dari semua golongan umur
yang dipercayakan kepada pemeliharaan gereja untuk memberi tanggapan akan
pernyataan Allah dalam Yesus Kristus … supaya mereka dibawah pimpinan Roh Kudus
diperlengkapi guna melayani sesama manusia atas nama Tuhan mereka di
tengah-tengah keluarga, gereja, masyarakat dan dunia alam…
3. Joseph Lewis Sherrill
Tujuan PAK adalah usaha, biasanya oleh anggota-anggota umat
Kristen, untuk berpartisipasi dalam dan untuk membimbing perubahan-perubahan
yang terjadi dalam pribadi-pribadi dala, hubungan-hubungan mereka dengan Allah,
dengan gereja, dengan orang-orang lain, dengan dunia dan diri sendiri.
4. International Council of Religious Education dalam Paul
H. Vieth th. 1930 yang dikutip Eli Tanya, merumuskan tujuan PAK sbb:
4.1. Meningkatkan dalam diri pribadi yang bertumbuh
kesadaran akan Allah sebagai realitas dalam pengalaman manusia dan rasa adanya
hubungan pribadi dengan Dia.
4.2. Membimbing pribadi yang bertumbuh kepada pengertian dan
penghargaan akan kepribadian, kehidupan, dan pengajaran Yesus Kristus.
4.3. Meningkatkan dalam pribadi yang bertumbuh perkembangan
progresif dan terus-menerus dari watak Kristus
4.4. Mengembangkan dalam pribadi yang bertumbuh kemampuan
dan kecendrungan untuk berpartisipasi dalam dan menyumbang secara konstruktif
kepada pembangunan tata social.
4.5. Membimbing pribadi yang bertumbuh untuk membangun
falsafah hidup berdasarkan tafsiran Kristen tentang kehidupan dan alam semesta.
4.6. Mengembangkan dalam pribadi yang bertumbuh kemampuan
dan kecendrungan untuk berpartisipasi … dalam gereja
4.7. Memungkinkan dalam pribadi yang bertumbuh
mengasimilasikan pengalaman religious yang terbaik dari bangsa sebagai
bimbingan efektif bagi pengalaman kini.
0 Comments