Looking For Anything Specific?

Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum


Kurikulum dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum merupakan sebuah teori yang melandasi pembahasan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Kristen tentu ada keterbukaan terhadap teori-teori ilmu pengetahuan yang relevan dengan kurikulum. Namun kurikulum Pendidikan Kristen harus didasarkan pada dasar yaitu Alkitab. Itulah sebabnya saya menggunakan istilah: Kurikulum di dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum. Mungkin ada yang menyatakan ini dua frasa yang dibolak balik. Ya kelihatannya begitu tetapi ada makna yang saya hendak tegaskan dalam istilah saya saya pergunakan dalam dua bagian penting ini, yaitu:
1. Kurikulum dalam di Alkitab: Kata kurikulum memang tidak ada dalam Alkitab tetapi esensi kurikulum ada di dalam Alkitab
2. Alkitab di dalam Kurikulum: Menyusun kurikulum (penggunaan komponen kurikulum, khususnya komponen 1 dan 2) dengan mengacu pada teks Alkitab.

Akhirnya saya ingin menegaskan bahwa bahan dalam weblog ini adalah milik:

Bila rekan-rekan menggunakan bahan ini sebagian atau seluruhnya untuk kepentingan edukasi Kristen di Sekolah Tinggi Teologi maka tolong sebutkan sumber dengan menggunakan link dari blog ini. Tidak seperti mengambil artikel ini kemudian mengolahnya dengan sedikit edit lalu diterbitkan menjadi bahan ajar (Diktat) bahkan lebih parah lagi dalam salah satu artikel saya di blog saya duga dikutip oleh seseorang dan diterbitkan dalam jurnal. Sebenarnya kalau mau jujur ya tidak boleh demikian. Hargai semangat kami sebagai blogger bahan ajar Teologi dalam bidang Pendidikan Kristen. Mungkin ada alasan bahwa sudah melalui prosedur pelagiarism dan tidak ada masalah lalu diterbitkan. Sebenarnya tools Pelagiarism freepun bisa mendeteksi apalagi yang berbayar. Mari kita saling menghargai.


Selanjutnya blog ini akan dihapus bila isinya saya terbitkan menjadi BAHAN AJAR. 

Salam Yonas Muanley

Post a Comment

0 Comments