ISI atau Materi (konten) Pendidikan Agama Kristen
Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut di atas maka isi PAK
dirumuskan sbb:
1. Iman Kristen:
Meliputi hakekat Allah, Roh Kudus, Yesus
Kristus, Manusia, Gereja, Alkitab dan pengetahuan tentang filsafat-filsafat
dunia, juga tafsiran Kristen tentang alam semesta.
2. Alkitab sebagai Firman Allah:
Umat Kristiani harus
mengerti tentang hakekat Alkitab itu yang meliputi sejarah terjadinya, cara
pemakaiannya pada berbagai kesempatan, metode-metode studi PL dan PB, dan
bagaimana mengajarkannya.
3. Kehidupan Kristen:
Meliputi ibadah, pergaulan, pekerjaan,
menjadi orang tua bertanggung jawab, tafsiran tentang seks secara Kristen,
pernikahan Kristen, hubungan dengan masyarakat, dsb.
4. Masalah Sosial:
Meliputi asas-asas Kristen dalam
hubungannya dengan kehidupan masyarakat, ekonomi dan perdagangan, pemerintah,
kewarganegaraan, kerja dstnya.
5. Hubungan dunia:
Meliputi misi ke seluruh dunia, gerakan
oikumene, kesempatan-kesempatan dalam hubungan dengan dunia luas.
Atau isi PAK adalah Allkitab ( Allah, Kristus, Roh Kudus,
Manusia, Masyarakat)
Ciri-ciri yang baik dari factor-faktor pembuatan kurikulum
PAK:
1. Isi kurikulum harus sesuai dengan Alkitab, meskipun tidak
semua bahan terambil dari Alkitab, tetapi selalu harus Alkitabiah
2. Kurikulum harus sesuai dengan ajaran dan pengakuan gereja
yang menggunakannya.
3. Kurikulum harus memanfaatkan ilmu paedagogi-termasuk di
dalamnya metode atau tehnik dan proses belajar mengajar yang baik.
4. Kurikulum juga harus memperhatikan petunjuk-petunjuk
psikologi belajar yang tentang cirri-ciri golongan umur pelajar, kepribadian
pelajar, dsbnya.
5. Kurikulum juga harus memperhatikan penemuan-penemuan
sosiologi tentang latar belakang masyarakat tertentu, kemampuan
golongan-golongan, jemaat kaum tani dll.
6. Kurikulum harus dapat disesuaikan kebutuhan gereja
tertentu (harus luwes sifatnya).
7. Kurikulum harus sesuai kebutuhan pengajaran yang
diberikan, misalnya untuk sekolah Minggu atau kelas katekisasi.
8. Harga terbitan (buku, majalah, manual) harus pantas dan
terjangkau, sehingga dapat dibeli oleh jemaat local atau murid (Eli Tanya,
2006:28-32)
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kurikulum
PAK adalah:
1. Apa tujuan kurikulum PAK?
2. Untuk siapa kurikulum itu dibuat?
3. Apakah kurikulum dibuat untuk murid-murid? Atau untuk
sekolah, gereja atau untuk pembuatnya sendiri?
0 Comments