Looking For Anything Specific?

Arti Alkitab dalam Kurikulum

Alkitab di dalam Kurikulum adalah salah satu Istilah yang dipakai Colson dan Rigdon. Istilah ini kemudian saya pakai dalam teori kurikulum Pendidikan Agama Kristen dengan menambhkan satu lagi frasa yaitu Kurikulum dalam Alkitab. Dengan demikian saya mencetuskan teori: Kurikulum Dalam Alkitab dan Alkitab dalam Kurikulum. Saya sudah mengemukakan tentang pengertian dari kedua istilah yang saya pakai yaitu: Kurikulum dalam Alkitab; Alkitab dalam Kurikulum. Silakan ketik di google maka akan menemukan penjelasan saya tentang pengertian dan contoh-contohnya.

Dalam buku Howard P.Colson dan Raymond M. Rigdon, dikemukan alasan-alasan mengapa Alkitab perlu mendapat tempat utama dalam kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Selanjutnya untuk alasan-alasan yang dikemukakan oleh Colson dan Rigdon dapat dipelajari dalam hal. 104-114

Sedangkan praktik Alkitab dalam Kurikulum dapat ditelusuri dalam buku Robert R. Boehlke dengan judul: Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen yang dapat diringkas dalam babakan berikut ini.

Kurikulum Pendidikan Gereja Zaman Bapa-bapa Gereja – tahun 590 (Kurikulum Gereja mula-mula)

Kurikulum Pendidikan Gereja Abad Pertengahan

Kurikulum Pendidikan Gereja Zaman Reformasi

Kurikulum Pendidikan Gereja Zaman Modern

Kurikulum Pendidikan Gereja zaman gerakan Evangelical

Kurikulum Gereja

Kurikulum Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Indonesia tingkat SD, SMP, SMA, PT/STT

Kurikulum PAK dengan pendekatan KBK sejak 2003, isinya lebih kepada pendekatan dogmatika yaitu dalam Kurikulum PAK tingkat SD-SMA dan Perguruan Tinggi isinya adalah doktrin Tritunggal dan nilai-nilai Kristiani (Isi kurikulum PAK dengan pendekatan dogmatika tentang Tritunggal dan pendekatan etis yaitu nilai-nilai Kristiani)

Belum ada pendekatan kurikulum PAK berdasarkan kitab perkitab, padahal aspek ini penting (pendekatan Biblika)

Komponen kurikulum

 

Tujuan : Dirumuskan berdasarkan pendekatan terhadap Alkitab:

Apakah pendekatan biblika, Dogmatika, Etika, dan

pendekatan-pendekatan lain yang diakui dalam penelitian

teks Alkitab

Bahan pelajaran : Dipilih berdasarkan tujuan yang hendak dicapai.

(Bersumber dari Alkitab)

Proses belajar-mengajar : pemilihan Strategi, metode, media dll dalam proses

pembelajaran. Contoh Yesus Kristus

Penilaian : Pemberian nilai dan evaluasi proses pembelajaran

 

2. Contoh tentang 4 Komponen kurikulum dalam PL yaitu dari Kitab Kejadian pasal 1-l 2-3 .

a. Tujuan : Penciptaan Langit dan Bumi

b. Bahan pelajaran : Enam hari penciptaan dan 1 hari sabat

c. Proses Belajar Mengajar : Logos Tuhan dan Exnihilo

d. Penilaian : Tuhan menilai pada Kej. 1: 10, 21 dengan kata Baik.

Sedangkan pada ayat 30 Tuhan menilai Sungguh amat Baik

Kejadian 3

a. Tujuan : Mengusahakan dan memelihara Taman Eden

b. Bahan Pelajaran : Buah-buah yang dapat dimakan dan yang dilarang oleh Tuhan

c. Proses Belajar Mengajar : Ceramah/dialog antara Tuhan dan Manusia Pertama

d. Penilaian : Sudah tahu tentang baik dan jahat oleh karena itu diusir

keluar dari Taman Eden (Kej. 3:22) = Adam dan Hawa

Tidak Lulus dan di DO dari Kampus Eden

 

1 Contoh dari 4 komponen kurikulum dalam PB, yaitu dari Injil Lukas

a. Tujuan

b. Bahan Belajar-Mengajar

c. Proses Belajar Mengajar

d. Penilaian

Kurikulum Pendidikan Yesus menurut Injil Matius

a. Tujuan Panggilan : Menjadi Penjala Manusia (Markus, 1:17) Maksud panggilan Yesus

b. Bahan Pelajaran : Yesus mengusir roh jahat (Mark. 1:24-25), berdoa

(Mark. 1:29-34),

Yesus Berjalan diatas air (Mark.6:45-52dst

c. Proses belajar mengajar : Ceramah Yesus, simulasi/pengalaman langsung mengusir

roh jahat, menyembuhkan orang sakit , orang lumpuh dll

d. Penilaian : Petrus tidak Lulus (Mark. 14:66-72) tetapi bukan tidak lulus permanen karena nanti setelah Roh Kudus turun Petrus lulus dengan sangat memuaskan (peristiwa pentakosta = hasil khotbah Petrus)

Yudas tidak lulus permanen akibatnya bunuh diri

 

Post a Comment

0 Comments